Ahli Kitab Suka Sembunyikan Kebenaran, Nabi & Al-Qur'an Membongkarnya

THIS ADS by GOOGLE
Misi risalah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam adalah menjelaskan kebenaran dengan ucapan dan perbuatannya. Misalnya, Allah merintahkan mendirikan shalat lalu beliau menjelaskan perintah Allah itu dan tata cara pelaksanaannya dengan ucapan dan perbuatannya.

Di antara tugas menjelaskan itu adalah menjelaskan informasi yang disembunyikan Ahli Kitab. Ada sejumlah informasi di Taurat dan Injil yang disembunyikan Ahli Kitab. Nabi kita ditugaskan menjelaskan seluruh informasi yang disembunyikan tersebut, sebagaimana beliau diperintahkan menjelaskan akidah, syariat, ibadah, hukum mu’amalah, dan ajaran Islam lainnya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

يَا أَهْلَ الْكِتَابِ قَدْ جَاءَكُمْ رَسُولُنَا يُبَيِّنُ لَكُمْ كَثِيرًا مِمَّا كُنْتُمْ تُخْفُونَ مِنَ الْكِتَابِ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ قَدْ جَاءَكُمْ مِنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُبِينٌ

 “Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyikan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan.” (QS. Al-Maidah: 15)

Misalnya, Taurat dan Injil berbicara tentang hukum rajam bagi pezina dan potong tangan bagi pencuri, lalu Ahli kitab menutupinya, maka Nabi dan Al-Qur'an datang untuk membongkar apa yang mereka sembunyikan ini.

Namun tidak semua yang mereka sembunyikan lalu dikabarkan, misalnya tentang sifat-sifat fisik dan pribadi Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang dijelaskan secara lengkap dan rinci. Al-Qur'an menyifati pengetahuan mereka terhadap ciri-ciri Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, “Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al Kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Dan sesungguhnya sebahagian di antara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 146)

Tujuan mereka, tentunya, supaya keturunan mereka tidak mengimani Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam karena beliau bukan berasal dari ras dan bangsa mereka.

Namun Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam tidak perlu membongkar informasi ini, karena beliau ada di tengah-tengah mereka.

Ada 2 model informasi Taurat dan Injil yang mereka sembunyikan. Pertama, keterangan di Taurat dan Injil yang dibongkar dan dijelaskan Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, misalnya keterangan tentang hukum Rajam, potong tangan, dan selainnya.

Kedua, informasi di Taurat dan Injil yang mereka sembunyikan lalu tidak dijelaskan karena tidak memiliki manfaat lebih. Contohnya, ciri-ciri fisik beliau dari rmabut, bentuk pipi, dan semisalnya.

Dari sini dapat pula disimpulkan, sifat buruk yang melekat di Ahli Kitab adalah menyembunyikan kebenaran.



مِمَّا كُنْتُمْ تُخْفُونَ مِنَ الْكِتَابِ

“Menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyikan,” (QS. Al-Maidah: 15)

Apabila ada dari umat yang suka menyembunyikan kebenaran maka ia telah menyerupai Ahli kitab. Karena buruknya perbuatan ini, Al-Qur'an mengancamnya dengan laknat.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنْزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَى مِنْ بَعْدِ مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ فِي الْكِتَابِ أُولَئِكَ يَلْعَنُهُمُ اللَّهُ وَيَلْعَنُهُمُ اللَّاعِنُونَ

 “Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati.” (QS. Al-Baqarah: 159)

Siapa yang menyembunyikan kebenaran yang sudah diketahuinya maka ia sedang berjalan di atas laknat.

Manusia masuk surga karena kebenaran. Jika kebenaran ditutupi maka surga tertutup bagi mereka. Maka wajarlah jika mereka dilaknat.
THIS ADS by GOOGLE

0 Response to "Ahli Kitab Suka Sembunyikan Kebenaran, Nabi & Al-Qur'an Membongkarnya"

Post a Comment