Subhanallah..! 7 Perkara yang Membuat Malaikat Jibril Ingin Menjadi Manusia

THIS ADS by GOOGLE
Dalam berbagai kisah nabi, kita pastinya sudah tahu bahwa malaikat Jibril lebih sering menjumpai para nabi dengan sosok manusia. Namun, ada kalanya, ia menunjukkan sosok aslinya pada Nabi Muhammad SAW.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa Rasulullah sempat berwasiat pada Ali bin Abi Thalib mengenai 7 hal yang membuat malaikat Jibril ingin menjadi manusia dan jarang menjadi bentuk asli malaikat Jibril. Berikut ini adalah 7 hal tersebut:

1. Sholat berjama’ah di masjid bersama imam
Seperti yang kita tahu bahwa shalat berjamaah memiliki keutamaan yang lebih baik dibanding shalat sendiri, baik itu dari pahalanya. Terdapat beberapa manfaat dari kita shalat berjamaah. Salah satunya adalah langkah menuju masjid akan dihitung sebagai pahala, bahkan para malaikat berebut saat mencatatnya. Hal ini juga bisa menjadi jaminan bagi kita mendapatkan kehidupan yang baik, di dunia atau di akhirat.

2. Mengantarkan jenazah sampai alam kubur
Rasulullah pernah bersabda bahwa orang yang mengantarkan jenazah muslim hingga menyalatkan serta penguburan maka ketika kembali ia akan membawa 2 qirath. Jika ia sampai menyolati dan kemudian pulang, maka ia akan mendapatkan 1 qirath. 1 qirath setara dengan gunung Uhud. Dari mengurus jenazah inilah mengingatkan kita akan akhirat sehingga dapat meningkatkan amal ibadah.

3. Memberi air pada orang yang kehausan
Allah telah menciptakan sumber kehidupan untuk orang-orang yang kehausan. Mungkin saja manusia dapat menahan lapar tapi tidak untuk haus. Terlebih sebagian besar tubuh manusia di dominasi oleh cairan. Ingatkah kita pada kisah seorang pezina yang memberi anjing minuman dari sumur yang akhirnya mengantarkannya menuju surga. Kehidupan malaikat di langit yang damai saja masih ingin menjadi manusia untuk melaksanakan amalan tersebut.

4. Menjenguk orang sakit
Rasulullah pernah bersabda bahwa setiap muslim yang menjenguk saudara muslimnya di pagi hari, maka ia akan mendapatkan rahmat dari 70 ribu malaikat di sore hari. Selain itu, ia akan mendapatkan jaminan buah-buahan di dalam surga kelak. Sehingga pantaslah jika malaikat Jibril ingin menjadi manusia karena nikmat Allah yang begitu besar terhadap manusia.

5. Duduk bersama alim ulama
Meskipun dikatakan cuma duduk, tapi saat duduk ini kita juga bisa menyimak perbincangan secara langsung para ulama dan orang-orang alim. Bahan yang mereka bicarakan pasti mengandung ilmu dan bermanfaat. Bukan sekedar perbincangan yang tidak berguna.

6. Mendamaikan 2 orang yang sedang berselisih
Dalam sebuah surah dijelaskan bahwa sesunguhnya sesama orang muslim adalah saudara. Oleh karena itu, damaikan mereka jika di antara kedua saudaramu itu berselisih dan bertaqwalah maka kita akan mendapatkan rahmat dari-Nya.

7. Menyantuni anak yatim
Rasulullah pernah bersabda bahwa beliau dan orang-orang yang menyantuni atau mengasuh anak yatim tempatnya adalah disurga bersama dengan beliau. Beliau mengatakan hal itu sambil memberikan isyarat menggunakan jari tengah dan jari telunjuk seraya merenggangkannya sedikit.

Berdasarkan tujuh perkara yang membuat malaikat Jibril ingin menjadi manusia ini, kita mengetahui bahwa banyak amalan baik yang bisa kita lakukan. Malaikat Jibril saja ingin menjadi manusia untuk bisa melakukan amalan itu, lantas kenapa kita yang merupakan manusia tidak bisa menjalankan amalan itu dengan baik.
THIS ADS by GOOGLE

1 Response to "Subhanallah..! 7 Perkara yang Membuat Malaikat Jibril Ingin Menjadi Manusia"

  1. Hatur nuhun Kang atas pencerahannya. ..
    Mudah-mudahan bermanfaat

    ReplyDelete