Inilah Salah Satu Fakta Unik Surat Al-Baqarah

THIS ADS by GOOGLE
Al-Quran merupakan firman Allah SWT yang telah diturunkan kepada Rosulullah sebagai pedoman hidup seluruh umat manusia dan salah satu surat yang ada di dalamnya adalah surah Al-Baqarah dan inilah salah satu fakta unik surat Al-Baqarah. Surah Al-Baqarah memiliki fakta unik yang perlu diketahui oleh setiap muslim untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.

Surat Al-Baqarah merupakan surat kedua dalam Al-Quran dan telah diturunkan di kota Makkah sehingga dinamakan surah Makiyah. Surat ini merupakan surat terpanjang dalam Al-Quran dan memiliki banyak keunikan yang sangat menakjubkan. Berikut adalah beberapa keunikan surat Al-Baqarah:

Di dalam surat Al-Baqarah mengandung ayat kursi yang merupakan ayat teragung dalam Al-Quran sehingga ayat ini banyak dibacakan dalam berbagai ibadah. Ayat kursi berisi penjelasan akan kekuasaan dan keesaan Allah SWT yang wajib diimani oleh setiap muslim.

Jumlah ayat surat Al-Baqarah yaitu 286 ayat memiliki banyak keunikan, diantaranya adalah:

- Angka 286 jika dihapus angka 6 nya maka akan muncul angka 28 yang menunjukkan jumlah surat Madaniyah atau jumlah surat yang telah diturunkan di kota Madinah

- Angka 286 jika dihapus angka 2 nya maka akan muncul angka 86 yang menunjukkan jumlah surat Makiyah atau jumlah surat yang telah diturunkan di kota Makkah

- Jika kedua jumlah surat Madaniyah dan Makiyah dijumlahkan yaitu 28 + 86 maka hasilnya adalah 114 yang menunjukkan jumlah surat yang terkandung dalam Al-Quran

- Jika angka 286 dibagi dua maka akan menghasilkan angka 143 yang memiliki keistimewaan yaitu pada ayat ke 143 surat Al-Baqarah menjelaskan bahwa Allah SWT menjadikan umat Islam sebagai umat pertengahan atau umat yang adil dalam menetapkam pilihan yang benar di atas pilihan yang salah.

Itulah beberapa keunikan dan kelebihan surah Al-Baqarah yang wajib Anda ketahui untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Keutamaan Surat Al-Baqarah
Surat Al-Baqarah tidak hanya memiliki keunikan yang sangat luar biasa, tetapi surat ini juga memiliki keutamaan. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca surat Al-Baqarah:

1. Sebagai penjagaan
Membaca surat Al-baqarah tidak hanya dapat mendatangkan pahala saja tetapi juga akan mendapat penjagaan dari Allah SWT. Berdasarkan hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim bahwa setiap muslim yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah di malam hari maka akan mendapat penjagaan dan perlindungan dari semua bahaya yang dapat mengintainya. Selain itu, seorang muslim yang saat merebahkan tubuhnya membaca ayat kursi maka malaikat akan menjaganya dari gangguan setan yang terkutuk.

2. Sebagai pengusiran
Surat Al-Baqarah juga mampu mengusir setan yang berada dalam rumah, hal ini sesuai dengan hadits Rosulullah yang diriwayatkan oleh Muslim bahwa setan akan kabur dan lari jika didalam suatu rumah dibacakan surat Al-Baqarah. Hadits lain juga menjelaskan bahwa jika suatu rumah dibacakan ayat kursi maka jin yang berada di dalamnya akan lari ketakutan.

3. Sebagai penyembuhan
Surat Al-Baqarah tidak hanya sebagai penjagaan dan pengusiran saja, tetapi surat ini juga sebagai penyembuhan. Hal ini berdasarkan apa yang telah dilakukan Rosulullah ketika menyembuhkan seorang yang sakit linglung. Rosulullah merukyahnya dengan membacakan beberapa ayat dan salah satunya adalah ayat yang terdapat dalam surat Al-Baqarah yaitu ayat kursi, 4 ayat pertama, 3 ayat terakhir, ayat 163 dan 164 dari surat Al-Baqarah.

Demikian informasi seputar keutamaan membaca surat Al-Baqarah dan berbagai fakta unik dalam surat Al-Baqarah yang perlu Anda ketahui.
THIS ADS by GOOGLE

0 Response to " Inilah Salah Satu Fakta Unik Surat Al-Baqarah"

Post a Comment