Apakah Sekarang Ada Orang Di Surga?

THIS ADS by GOOGLE
Seperti yang kita tahu bahwa surga adalah tempat kembali yang paling indah setelah kita menjalani kehidupan di dunia. Selain kehidupan di surga, akan dibuka juga pintu neraka sebagai tempat bagi mereka yang suka melakukan perbuatan dosa. Sedangkan surga adalah tempat untuk mereka yang melakukan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Allah telah menciptakan surga dan neraka. Keduanya pun tidak akan pernah habis keberadaannya. Imam Thahawi mengatakan jika surga dan neraka telah diciptakan sebelum semua menciptakannya, sekalian dengan penduduk di dalamnya. Selain itu, Ibnu Abdil menanggapi pernyataan Imam Thahawi. Ia menjelasksan bahwa surga dan neraka telah diciptakan dan sudah ada sekarang.

Di dalam surah Ali Imron ayat 133 yang menjelaskan bahwa surga telah diciptakan seluas-luasnya langit dan bumi bagi orang-orang yang bertaqwa. Sedangkan di dalam surah An Najm dikatakan jika sesungguhnya Nabi Muhammad telah melihat malaikat Jibril dalam wujudnya yang asli di waktu lain, di dekatnya ada surga sebagai tempat tinggal.

Dalam riwayat lain dijelaskan jika telah terjadi gerhana matahari di zaman Nabi Muhammad. Beliau bersabda bahwa ketika beliau berdiri di situ maka beliau dapat melihat semua yang dijanjikan Allah. Beliau bahkan melihat surga dan neraka.

Imam Bukhari meriwayatkan jika orang yang telah meninggal (mayit) dikuburkan ke dalam alamnya, maka ia akan diperlihatkan bagaimana surga dan bagaimana neraka.

Rasulullah pernah bersabda bahwa surga berada dekat dengan Rasulullah sehingga beliau dapat memetik buah di dalamnya. Begitu juga dengan neraka, Rasulullah merasa dekat dengannya. Bahkan beliau melihat seseorang yang sedang dicakar seekor kucing, kemudian beliau bertanya mengapa ia diperlakukan seperti itu. Orang itu menjawab ketika masih hidup, ia menyekap kucing, tidak memberikannya makan hingga mati kelaparan dan tidak melepaskannya agar kucing dapat mencari tikus-tikus sebagai makanannya.

Hadist lain mengatakan jika Rasulullah juga melihat Umar bin Malik dan Abu Thumamah yang sedang ditarik batang tenggorokannya dalam api neraka. Sedangkan, riwayat lain menyebutkan jika Rasulullah melihat Amir bin Amir di dalam neraka dimana isi perutnya sedang dikeluarkan. Beliau melihat para penghuni neraka dan sebagian besarnya adalah wanita.

Berbeda ceritanya jika kita membahas mengenai surga. Diriwayatkan jika Rasulullah berdiri di depan pintu surga dan melihat sebagian besar penghuni surga adalah orang-orang miskin dan papa, sementara orang yang kaya masih tertahan. Golongan penghuni surga ini dapat dijadikan motivasi untuk terus melakukan hal baik.

Imam Tirmizi meriwayatkan bahwa telah diperlihatkan pada Rasulullah tiga orang pertama yang masuk surga. Mereka yaitu seorang yang beramal shaleh, orang yang mati dalam keadaan syahid, dan budak yang menyembah Allah dengan keyakinan penuh serta pengabdian dan ketulusan pada Allah.

Selain itu, Rasulullah melihat beberapa sahabatnya yang berada di surga, yaitu Hamzah bin Abdul, Bilal bin Rabah, Zaid bin Amir, Ja’far bin Abdil, dan Haritsah.

Lantas siapakah penghuni surga saat ini? Rasulullah juga menjelaskan beberapa orang atau golongan yang akan masuk surga sebelum datangnya hari kiamat, yaitu:

1. Nabi Adam AS
Nabi Adam adalah manusia pertama yang masuk surga karena beliau adalah bapak umat manusia.

2. Nabi Muhammad SAW
Beliau adalah manusia yang paling mulia yang telah dijanjikan oleh Allah akan masuk surga.

3. Para Syuhada
Mereka adalah manusia yang senantiasa berjuang dan berada di jalan Allah dan mereka dapat masuk ke surga yang ia kehendaki. Inilah penghuni surga firdaus.

4. Manusia yang meninggal dunia
Orang yang telah meninggal akan diperlihatkan kepadanya surga dan neraka.

Demikian penjelasan tentang apakah sekarang ada orang di surga? Semoga bermanfaat.
THIS ADS by GOOGLE

0 Response to "Apakah Sekarang Ada Orang Di Surga?"

Post a Comment