7 Pahala yang Masih Dinikmati Setelah Orang Meninggal Dunia

THIS ADS by GOOGLE
Sebuah hadits menjelaskan amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia, jika sudah mati anak Adam, maka terhentilah semua amal kecuali tiga perkara, yakni sedekah jariyah, ilmu yang diamalkan dan berguna, serta anak sholeh yang mendoakannya. Namun ternyata terdapat 7 pahala lain yang dapat mengalir pada orang meskipun ia telah meninggal.

Setelah manusia mati maka ia tidak lagi bisa melakukan kebaikan ataupun mengumpulkan bekal untuk di akhirat. Namun, adanya 7 pahala ini, kita masih bisa mendapatkan pahala meskipun sudah meninggal, pahala-pahala tersebut antara lain:

1. Mendirikan masjid
Salah satu kewajiban sebagai seorang muslim adalah menunaikan shalat. Islam memberikan kelonggaran bagi kita yang tidak dapat sholat di masjid maka bersholatlah di rumah atau ditempat lain. Namun, sholat di masjid memiliki manfaat yang lebih karena bisa sholat berjamaah. Selain itu, kita akan lebih khusyu’ dalam sholat karena semua orang di dalam masjid melaksanakan sholat atau ibadah sehingga tidak ada yang saling mengganggu. Barang siapa yang mendirikan atau hanya ikut serta dalam membangun masjid, maka ia akan terus mendapatkan pahala. Apabila ada orang yang sholat di masjid itu, maka pahala orang yang beribadah itu akan mengalir di dapatkan juga oleh orang yang mendirikan masjis itu.

2. Meninggalkan anak sholeh
Apabila semasa hidupnya oranga tua mendidik anak dengan baik hingga menjadi anak sholeh atau sholehah, maka mereka akan menjadi penyelamat orang tuanya untuk terhindar dari neraka. Hal ini dikarenakan doa anak sholeh adalah doa yang hijabah sehingga akan sampai pada orang tua mereka.

3. Menanam tanaman
Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan, termasuk manusia dan hewan. Apabila kita menanam tanaman yang bisa dimakan oleh manusia atau hewan di daerah itu, maka kita akan mendapatkan pahala yang terus mengalir meskipun kita telah meninggal.

4. Mengalirkan air sungai
Air merupakan salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi bagi makhluk hidup. Namun, tak semua tempat memiliki kualitas air yang baik, bahkan pada tempat tertentu sangat sulit untuk menemukan air. Meskipun, Islam memberikan kemudahan untuk bertayamum sebagai pengganti wudhu tapi akan lebih baik jika wudhu dilakukan menggunakan air. Oleh karena itu, apabila seseorang mengalirkan air sungai, maka akan memberikan banyak manfaat, yakni orang di daerah itu dapat minum, mencuci, mandi, dan berwudhu. Manfaat inilah yang akan mendatangkan pahala bagi mereka meskipun sudah meninggal.

5. Mengajarkan ilmu
Disebutkan dalam hadits tentang 3 amal yang tidak terputus bahwa ilmu dapat memberikan pahala bagi kita. Namun, kita harus menggunakan ilmu itu agar berguna untuk orang lain. Selain mengaplikasikan ilmu itu, kita juga bisa berbagi ilmu kebaikan tersebut.

6. Menulis mushaf
Mushaf merupakan tulisan yang dapat bermanfaat untuk orang yang membacanya. Apabila kita memilki ilmu atau sesuatu yang kita anggap benar, maka tuliskan hal tersebut. Setelah kita meninggal, karya yang pernah kita tulis akan tetap abadi, bahkan masih bisa dibaca oleh generasi-generasi berikutya. Apabila kita menuliskan kebaikan maka kita juga menyebarkan kebaikan.

7. Menggali perigi
Sama halnya dengan mengalirkan sungai. Apabila kita membangun sumur atau perigi di suatu daerah sehingga memudahkan kehidupan mereka, maka kita akan mendapatkan pahala itu meskipun sudah meninggal.

Demikian 7 pahala yang masih dinikmati setelah orang meninggal dunia, sehingga amalan tersebut haruslah benar-benar kita perhatikan dan amalkan agar menjadi penyelamat di akhirat kelak.
THIS ADS by GOOGLE

0 Response to "7 Pahala yang Masih Dinikmati Setelah Orang Meninggal Dunia"

Post a Comment